Rabu, 03 Oktober 2012

skb

1.apa yg menjadi kunci sukses amazone.com??
     salah satunya adalah harga toko biasanya mendapatkan harga 60% dari penerbit.akan tetapi ia harus membayara sewa,lampu,pemanas,promosi dsb.sedangkan di amazone.com perusahaan mengundang utk menuliskan resensi bukunya dan memasukannya ke website amazone.com

2.jelaskan bagaimana jeff menciptakan peluang bisnis??
      awalnya pada akhir 1992 jeff melihat peluang bisnis baru melalui internet.dia memikirkan dan membuat daftar 20 barang terlaris yang bisa dijual lewat internet.hasil pengamatanya mengatakan bahwa buku berada di peringkat teratas.jeff yakin bahwa tidak ada satu toko buku mananpun yang mampu mengorganisir penyimpanan buku yang telah terbit,kecuali toko buku online.jeff memberi tahu bosnya david shaw tentang prospek luar biasa penjualan buku lewat internet.akan tetapi shaw tidak tertarik.akhirnya jeff mengundurkan diri dan keluar dari perusahaan tersebut  utk memulai bisnis internetnya yang di bantu oleh keluarganya..

3.Dari mana ide bisnis amazone muncul??
Ide Job Bezos Mendirikan amazon.com
Job Preston Bezos lahir pada tanggal 12 januari 1964 di
Albuquerque, New Mexico. Sewaktu di SMU Jeef memenangkan
suatu perlombaan yang disponsori oleh NASA, memenangkan
penghargaan sebagai siswa terbaik dalam bidang sains dan
matematika. Ketika dia berusia 17 tahun pernah bekerja sebagai juru
masak Mc Donalds di Miami. Setelah tamat Jeef masuk ke Princeton
University jurusan fisika. Cita-cita nya adalah menjadi ahli fisika
teoritis seperti Albert Einsteen dan Stephen Hawking. Jeef pindah ke
fakultas ilmu computer dan tehnik elektro. Jeef lulus dengan predikat
summa cum laude dari Prenceton University tahun 1986.
Setelah lulus dia bekerja di FITEL dengan memegang jabatan
manager administrasi dan pengembangan. Hanya 8 bulan jeef
dipromosikan menjadi wakil direktur pengembangan tehnologi dan bisnis. Tugas utamanya adalah mendesain pemograman dan pengujian
layanan FITEL melalui layanan komputer. Hasilnya dia menghemat
biaya komunikasi hingga 30%. Setelah hampir 2 tahun bekerja dia
pindah ke Global Fiduciary Service di Bankers Trust.
Jeef melakukan inovasi tehnologi dan hasilnya dia diangkat
sebagai wakil presiden direktur, orang termuda dalam sejarah bank
dengan gaji satu juta dolar per tahun. Pada akhir Tahun 1992 jeef
melihat peluang bisnis baru melalui internet. Dia memikirkan dan
membuat daftar 20 barang terlaris yang bisa dijual lewat internet, hasil
pengamatannya mengatakan bahwa buku berada diperingkat teratas.
Jeef yakin bahwa tidak ada satu toko bukupun yang mampu
mengorganisasi penyimpanan buku yang telah terbit, kecuali toko
buku online. Jeef memberi tahu bosnya David Shaw tentang prospek
luar biasa penjualan buku lewat internet, akan tetapi shaw tidak
tertarik. Akhirnya Jeef mengundurkan diri dan keluar dari
perusahaanuntuk meyang mulai bisnis internetnya dibantu oleh
keluarganya. Hingga akhirnya jeef mendirikan Amazon.Com. Kata
Amazon berarti sungai terbesar di dunia, koleksi terbesar di dunia.
Pada bulan Nopember 1994 Jeef memulai bisnisnya di sebuah
Garasi. Pada awalnya Amazon.com mengalami dua masalah, yang
pertama adalah uang, agar mampu membayar orang-orang terbaik.
Kedua adalah masalah perangkat lunak, yang mampu memproses
pesanan dari pelanggan, menemukan buku berdasarkan judul, penerbit
atau pengarang, menggunakan kartu kredit, mencatat minat khusus
pelanggan, mengenali pelanggan yang sama serta memastikan
pengiriman pesanan
Pada tahun 1995, Amazon memiliki 5 karyawan termasuk Jeff
dan istrinya. Kemudian Amazon memindahkan perusahaannya ke
wilayah industri ke Seattle. Pada tanggal 16 juli 1995 terjadi
pemesanan pertama ke Amazon.com. Total Pesanan pada minggu
pertama ada $ 12.000, minggu berikutnya $ 15.000, pada bulan
Oktober rata-rata pesanan meningkat 300 pesanan perhari. Jeff Bezos
mengumumkan Tahun 1996 sebagai tahun “Tumbuh Besar dengan
cepat bagi Amazon.com”. Wall Street Journal dalam salah satu
edisinya pada 16 Mei 1996 menurunkan berita: “How Wall Street
Whiz found a Niche SellingBooks on Internet”
Apa yang menjadi kunci sukses Amazon.com. Salah satu
rahasianya adalah Harga. Toko biasanya mendapatkan harga 60% dari
penerbit, akan tetapi ia harus membayar sewa, lampu, pemanas,
promosi dsb. Sedangkan di Amazon.com hal ini dapat ditekan. Ciri
lainnya adalah di Amazon.com perusahaan mengundang untuk
menuliskan resensi bukunya dan memasukkannya ke website
Amazon.com
Pada tahun 1997 Amazon.com menjadi perusahaan terbuka.
Dengan menerbitkan 3 juta lembar saham dengan harga perdana
$18/saham. Pada saat itu Jeff Bezos berusia 33 tahun memiliki 9.88
juta saham senilai $ 177,8 juta. Jeff Menjadi salah satu orang muda
terkaya di dunia. Moto Jeff adalah Bekerja keras, Bersenang-senang
dan membuat sejarah.

4.carilah model bisnis sepeti amazone.com yg ada di indonesia??
>kaskus.co.id
>jualbeli.com
>berniaga.com
>indonetwork.com

5.apa kelemahan toko buku online di indonesia??
Memang dibandingkan membeli buku di toko buku online, masyarakat masih lebih suka mengunjungi toko buku offline. Selain dapat memilih dan membandingkan dengan buku dari berbagai penerbit lainnya, membeli buku secara langsung juga terasa lebih puas. Belum lagi suasana toko buku offline terasa lebih kuat dari pada sekedar melakukan transaksi buku secara online. 
Selain itu, salah satu kelemahan kebanyakan bisnis online pada umumnya adalah soal kepercayaan. Baik menyangkut kepercayaan terhadap pengiriman produknya maupun kepercayaan terhadap kredibilitas pemilik situs atau toko online itu sendiri.
Fenomena Bisnis E-Book
Salah satu fenomena yang mengiringi perkembangan toko buku online adalah munculnya bisnis e-book di internet. Ada beberapa yang menarik dari fenomena bisnis e-book ini, diantaranya :
  • E-book sebagai buku yang ditulis melalui komputer dan dijual secara online tidak memiliki ukuran standar menyangkut harga jualnya. Tak sedikit e-book yang dijual seharga Rp 200 ribu lebih padahal ketebalannya kurang dari 150 halaman. Hal ini berbeda dengan buku cetak yang harga jualnya biasanya sekitar 5 hingga 6 kali dari biaya produksi. 
  • Bisnis e-book dilakukan melalui promosi yang demikian heboh dan digelorakan sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan dan kaya secara mendadak. Kondisi yang tidak kondusif ini mengaburkan batasan atau pengertian e-book, dan lebih sering dicampur aduk dengan pengertian program komputer atau mesin robot yang bekerja secara otomatis.
Kondisi tersebut, secara tidak langsung, mempengaruhi bisnis buku secara online pada umumnya. Apalagi belakangan muncul penolakan terhadap bisnis e-book yang ditengarai mengandung unsur manipulasi terhadap isi buku yang ditulisnya.

6. kendala bisnis online.
>Banyaknya penipuan di dunia maya, membuat kepercayaan konsumen akan bisnis online masih kurang. Penipuan yang sering terjadi yaitu uang sudah dibayarkan namun produk tidak dikirimkan, atau kualitas produk tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Sehingga konsumen lebih sering kecewa jika mereka membeli produk secara online, dan lebih yakin membeli produk offline karena bisa melihat dan memegang langsung produk yang ingin dibelinya.
>Persaingan bisnis online yang sangat tinggi. Kemajuan teknologi, mendukung sebagian besar orang memasarkan produknya melalui internet. Jadi bisa dipastikan persaingannya sangat ketat, lihat saja peluang bisnis toko online, reseller produk, atau affiliate yang sudah dijalankan ribuan orang di berbagai negara.
>Kendala koneksi internet. Bagi pelaku bisnis online yang tinggal di daerah kota, mungkin koneksi internet bukan menjadi kendala. Namun bagi rekan-rekan yang tinggal di daerah pinggiran, koneksi internet masih sangat terbatas.
>Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online. Banyak orang yang ikut-ikutan menjalankan bisnis affiliate atau membuka toko online, namun dia tidak mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Sehingga bisnis online yang dijalankan, hasilnya juga tidak optimal.
 
7.prilaku konsumen di indonesia..
1.Penyuka gratisan.
Siapapun suka gratisan. Adanya gratisan di toko online anda, akan menjadi minat tersendiri untuk target.
Pengganti gratisan bisa menggunakan bonus saat belanja. Misalnya di kaskus, seringkali penjual memberikan bonus stiker Kaskus.
2. Penyuka Diskon/Voucher.
Terbukti meledak pada situs2 daily deals yg seringkali menawarkan produk dgn diskondan voucher.
Hindari naikkan harga baru didiskon kemudian. Ngecek harga sekarang tinggal googling. Kecuali produknya unik dan terbatas.
4. Harga Miring.
Setelah mendapat alternatif beberapa toko, harga terbaik akan menjadi pilihan konsumen.
Harga murah belum tentu jadi pilihan konsumen. Kalo harga produk anda sebanding dgn kualitasnya,konsumen pun gak segan.
5.Takut ditipu.
Kencenderungan ini tetap ada, walaupun tren online shopping sudah exist sejak bbrp tahun lalu.
Cara paling mudah untuk mendapat kepercayaan konsumen adalah exist di social media, dan bergabung di komunitas bisnis & wirausaha.
6. Apa kata teman.
Rekomendasi teman lebih menjaring konsumen ketimbang apa kata iklan.
Jika di twitter, usahakan bisa direkomendasikan oleh orang2 berpengaruh yg memiliki follower2 yg solid (bukan asal follower)
Jika di kaskus, usahakan direkomendasikan oleh moderator dan para ‘sesepuh’ kaskus.
Di toko online, dapatkan rekomendasi para pegusaha dan tokoh online yg popular.
7.Cuma tanya.
Yg ini tipe orang yg hanya ‘berkonsultasi’ kepada anda ttg produk. Siap sabar menghadapi karakter ini.
Gak jarang setelah berulang kali sms dgn anda, calon konsumen batal beli, karena dapat penawaran yg lebih baik di WAKTU BERSAMAAN.
Karenanya selain menjual, anda juga harus siap menjadi ‘konsultan ahli’ sesuai dgn produk anda.
Misalkan anda penjual batik grosir, jgn sungkan berbagi informasi ttg pakaian batik yg berkualitas.
Anda bisa juga sajikan informasi2 ini menjadi sebuah blog di toko online anda. Info2 tersebut menjadi nilai lebih bagi konsumen.
Apalagi kalo blognya bisa diakses umum secara gratis! Ingat bahwa konsumen online suka sesuatu yang gratisan



 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar